Pembuatan Gamelan

Yogyakarta – 1 Day (29 Des 2014)

Aha finally i come to this town, Yogyakarta here i come and like dream in the morning. haha *lebay

Selama ini saya tidak pernah mau berkunjung ke tanah jawa, karena saya tidak suka sama makanannya yang serba manis. Tapi pada akhirnya saya berkunjung juga ke tanah jawa, tepatnya ke Yogyakarta untuk mengunjungi adik kesayangan saya Pandu yang sedang menimba ilmu di sana.

Sampailah saya di kota Yogyakarta, kesan pertama saya melihat kota ini cuma bisa bilang “Oh gini toh Yogyakarta, sepi ya macam bukan di ibukota”. Saya akan tinggal di sini selama 7 hari dengan susunan itinerary yang sudah saya persiapkan sebelumnya, trip saya ke Dieng batal karena adik saya masih ada perkuliahan. Tapi it’s ok lah kita keliling kota Yogyakarta saja.

Hari pertama saya hanya berkunjung ke daerah malioboro dan kraton di sore hingga malam hari, karena adik saya baru selesai kuliah pukul 16.00. Saya keliling kota menggunakan motor, karena disini tidak ada angkot macam di bogor, adanya transjogja tapi lama dan penuh.

Malioboro sampailah saya disini, dan saya cuma bilang dalam hati “ini yang namanya Malioboro, rame banget ya”. Disini tempat orang-orang belanja souvenir untuk oleh-oleh kali ya, jadi rame banget sepanjang jalan, banyak becak dan andong gitu. Saya ga mau kalah sama orang-orang yang foto mainstream di tulisan “Malioboro”. :p

Malioboro & Keraton

Malioboro & Keraton

Saya menyusuri jalanan Malioboro sampai ke kraton Yogyakarta, asli ini tempat rame banget sampe susah jalan. Banyak pedagang sepanjang jalan, kalau mau masuk ke dalem kraton harus bayar Rp. 5000 seorang. Disini kita bisa tahu sejarah tentang kraton yogyakarta, ada hiburan macam gamelan gitu juga, tapi pemain musik dan penyanyinya kok uda pada tua semua y, ga ada generasi muda nya sama sekali.

Terus kita foto bareng dulu sama orang-orang yang pakai kostum hantu-hantu indonesia gitu. haha dengan kasih uang seikhlasnya saja gitu.

Hantu Indonesia

Hantu Indonesia

Setiap jalan, tidak pernah lupa untuk wisata kuliner mencoba lumpia mutiara yang berada di depan Hotel Mutiara Malioboro. Lumpia nya enak deh, diatasnya ditaburi bawang putih yang sudah di parut. Ada 3 pilihan lumpia, lumpia sayur, lumpia sayur+ayam, lumpia special. Saya pilih lumpia special, asli ini enak banget, biasa saya kurang suka dengan lumpia.Harganya murah meriah kok, Rp. 2500 – 3500.

Lumpia Special

Lumpia Special

Di kraton yogyakarta banyak yang bisa kita lihat, mulai dari sejarah tentang kendaraan milik kraton, cara pembuatan gamelan dan keris, sejarah candi-candi yang ada di yogyakarta, dll.

Miniatur Candi

Miniatur Candi

Pembuatan Gamelan

Pembuatan Gamelan

Archa

Archa

Puas jalan-jalan di Malioboro dan kraton, kita cari makan malem deh. Karena bingung dan saya capek ngantuk, akhirnya beli makan angkringan gitu dan ini pertama kalinya saya coba makan angkringan. Murah cuma Rp. 4500 sudah dapat nasi sebungkus, kepala ayam, ceker, dan tahu goreng.

Nasi Kucing

Nasi Kucing

Sampai disini dulu ya cerita liburan di Yogyakarta nya, sampai jumpa di cerita hari kedua. Happy Travelling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s