Tram

Penang – 2 Days (24 Des 2014)

Hari kedua di Penang, Rabu 24 Desember 2014. Pagi ini cuaca masih hujan, tapi untungnya pukul 09.00 sudah mulai sedikit reda. Jadi kita sambil tunggu hujan reda, sambil packing untuk persiapan malam menuju Kuala Lumpur.

Pagi ini rute kita mau ke Penang Hill yang lebih dikenal Bukit Bendera, menuju penang hill ini kita naik CAT dari depan halte St. George Church menuju terminal komtar. Dari terminal komtar baru kita naik bus No. 204, dengan rute Wield Quay – Penang Hill. Kita sebut ke supirnya mau ke Penang Hill, supirnya akan bilang ongkosnya 2 MYR, usahakan uang pass karena tidak ada kembalian. Perjalanan dari Komtar menuju Penang Hill memakan waktu sekitar 30 – 45 menit.

Tram

Tram Penang Hill

Perjalanan kita menuju Penang hill dilanjutkan dengan menaiki tram dengan membayar tiket seharga 30 MYR, kalau kita datang pukul 19.00 akan mendapat potongan diskon sebesar 50% dari harga 30 MYR. Tiket ini digunakan untuk pulang pergi, jangan sampai hilang y, karena akan scan barcode setiap naik ke Penang Hill ataupun turun dari Penang Hill.

Tram ini mirip seperti tram yang ada di The Peak Hongkong, bedanya tram di Penang Hill lebih modern dan lebih cepat.

Tram The Peak Hongkong

Dari Penang Hill ini kita bisa melihat view kota Georgetown dan jembatan panjangnya milih Penang, cantik banget deh walaupun kadang terhalang oleh kabut. Kalau malam hari, view nya penuh dengan kelap kelip lampu di kota.

View From Penang Hill

Selain disuguhkan dengan pemandangan yang cantik, di Penang Hill ini juga ada berbagai tempat yang bisa dikunjungi seperti Owl Museum dengan biaya masuk 10 MYR. Ada juga body painting dengan Hena, dan lukis karikatur.

Hena Body Painting

Owl Museum

Owl Baloon

Hati-hati ya kalau mau foto dengan balon Owl ini, karena kalau terlalu kenceng peluknya jadi kempes. Dalam rangka menyambut hari raya Natal, disini juga ada pohon natal yang diletakkan di tengah-tengah lapangan.

Pohon Natal

Berlanjut mengelilingi Penang Hill, dibagian atas kita akan menemukan deretan gembok yang ditulis dengan inisial atau harapan seseorang, dan ada tulisan Love.

Love Miniatur

Gembok ini semacam di Korea dan Paris setau aku. hehe tapi y ini ala-ala lah. Ada spot foto lucu juga disini berbentuk bunga terompet.

Karena yang pergi cewek-cewek, jadi selalu mampir ke tempat belanja. Giliran saya sudah selesai belanja, teman ku masih sibuk pilih pilih dan menawar. Jadi saya putuskan untuk membeli dessert berupa Ice Kacang, disini banyak penjual dessert. Harganya variatif mulai dari 4 – 10 MYR.

Ice Kacang

Selesai sudah petualangan kita di Penang Hill, dan dilanjutkan menuju sebuah temple tidak jauh dari Penang Hill. Nama temple nya yaitu Kek Lok Si, menuju temple ini kita melewat sederetan anak tangga yang disamping sampingnya ada penjual aneka souvenir, selain itu juga banyak pengemis. Temple ini cantik dan besar ada diatas bukit dengan view yang tidak kalah dengan Penang Hill.

Pagoda

Sepertinya disini akan ada acara, karena semua orang yang ada disini begitu sibuk dengan berbagai persiapan. Banyak dipasang lampion juga.

Lampion

Disini juga ada patung Dewi Kuan In, untuk menuju patung ini kita harus menggunakan lift dengan membayar 6 MYR untuk perjalanan pulang pergi.

Karena kita harus pergi ke Kuala Lumpur dengan kereta pukul 22.30, jadi kita akhiri perjalan hari ini dengan pulang ke penginapan. Selama perjalanan menuju penginapan, macet sekali dan sampai pukul 19.30.

Sesampainya di penginapan kita langsung ganti baju, dan saat itu pas dengan malam natal, pemilik penginapan meminta kita untuk makan malam bersama dahulu. Padahal jam uda mepet banget, takut ketinggalan kereta, karena kita harus nyebrang dengan ferry. Karena tidak enak dengan pemilik yang sudah baik banget, akhirnya kita ikut makan malam dan foto bersama dengan tamu-tamu lain.

With Owner 33 Steward house and Others Guest

Selesai makan dan foto bersama, kita pamitan untuk pulang, dan kita mendapatkan kebaikan lain dari pemilik penginapan. Pemilik penginapan mengantar kita untuk ke pelabuhan ferry, thank’s God sudah mengirim bantuan kepada kita. Akhiranya kita diantar sampai ke pelabuhan ferry. Terima kasih untuk makan malam dan service nya yang memuaskan. Terima kasih juga untuk tamu-tamu lain dari Korea Selatan, US, Kuala Lumpur, Ausie, yang sudah berbagi cerita dengan kita.

Begitu sampai pelabuhan, ferry nya lama tidak datang-datang sampai waktu menunjukkan pukul 22.15 menit ferry baru datang, muka kita uda panik takut ketinggalan kereta dan kita tidak tahu berapa lama perjalanan dengan ferry di malam hari. Dari pelabuhan ferry Pulau Pinang, tidak dipungut biaya untuk naik ferry. Begitu sampai di pelabuhan Butterworth, kita langsung lari-lari menuju stasiun kereta yang tidak jauh dari pelabuhan. Tinggal mengikuti petunjuk arah saja, tapi karena kita panik dan takut ketinggalan jadi kita lari-lari geret koper.Sekedar info saja, jalanan menuju stasiun kereta tidak ramah bagi wisatawan yang membawa koper. Jalannya berupa anak tangga, bukan yang mendatar, jadi harus angkat koper. haha

Begitu sampai di stasiun, kita langsung menuju counter tiket menanyakan kereta ke Kuala Lumpur berangkat dari Platform berapa. Kita beli tiket secara online sejak masih di Indonesia, melalui website KTM. Caranya mudah, kita registrasi lalu memilih kota tujuan dan waktu, nanti akan muncul beberapa pilihan kereta dan kelasnya, lalu pilih no kursi dan bayar.

Karena kereta yang kursinya bisa buat tidur penuh, yang tersisa kelas ekonomi saja. Jadi kita beli tiket kelas ekonomi kereta Senandung Langkawi. Jangan samakan kelas ekonomi di Malaysia dengan di Indonesia y, jauh banget. Kelas ekonomi di Malaysia, sama seperti kelas eksekutifnya di Indonesia. Harga tiketnya murah, hanya 19 MYR.

Seat in Train

Ok, sudah lega masuk di dalam kereta. It’s time to sleep. ^_^ Good nite see you @ Kuala Lumpur

2 thoughts on “Penang – 2 Days (24 Des 2014)