CIMG4473

Hong Kong Trip 29 – 4 Juni 2013 (hari ke – 1)

Okeh, hari pertama saya dan 2 orang teman akan bertolak ke Hongkong untuk berlibur musim panas. Penerbangan yang akan kami tempuh yaitu sekitar 5 jam dengan menggunakan economy class Garuda Indonesia pukul 23.45 WIB, langsung tanpa ada transit dahulu dengan perkiraan sampai pukul 06.00 waktu Hong kong. Dan ternyata kita dapat tempat duduk yang dekat dengan emergency exit, kursinya tidak bisa dimundur. Tidaaaak semakin tidak bisa tidur.

Di pesawat seperti bisa, begitu selesai take off kita dibagikan snack berupa roti dan minum. Disediakan selimut dan bantal untuk masing-masing penumpang, dan 2,5 jam sebelum landing kita diberikan makan karena pagi hari jadi ya menu breakfast (omelet, sosis, buah, yoghurt, roti, jus, dll).

Sampai di Hongkong International Airport, wooow sepi banget dan airport nya bersih rapih jauh lah ya dibanding soekarno hatta. Kita langsung menuju imigrasi, karena masih pagi jadi antrian tidak panjang. Selesai dapet cap imigrasi, kita langsung ambil bagasi. Koper kita sudah ditangan, baru sadar kalau koper kita tuh lecet-lecet ada warna-warna hitam, bahkan handle koper ku yang samping sampe patah. Ini yang kasar bagian bagasi dari Indonesia atau dari Hongkong nya kita ya sudah pasrah saja.

CIMG4462

Kita baru bisa check-in pukul 11 siang, dengan estimasi jam 10 pagi sudah jalan dari bandara. Karena masih lama, jadi kita jalan-jalan dulu di bandara sambil ke duty free cari make up titipan mama nya teman dan beli simcard hongkong. Semua sudah dapat, kita duduk-duduk di tempat jus. Harga satu gelas fresh juice sekitar 48 HKD, kalikan saja ke rupiah.😀

Pukul 10.00 kita bertolak menuju perkotaan hongkong, untuk check in apartment di daerah mongkok. Kita memutuskan naik Bus, karena berdasarkan informasi dari pemilik apartment lebih mudah dijangkau dengan Bus. Disini cara naik bus nya, harus antri di row yang sudah disediakan sesuai nomor bus yang akan kita naiki. Bus disini tidak seperti dijakarta, lantai bawah kursinya hadap-hadapan, lantai kedua kursinya seperti bus biasa. Kalau mau turun, harus pijit bel dan perhatikan tulisan next stop bus ini di depan bus. Pembayaran Bus bisa dengan menggunakan Octopus card yang bisa diperoleh pada saat dibandara. Di dalam Bus ini juga ada free wifi, untuk peroleh free wifi ikuti saja petunjuk yang tertera di sticker yang menempel pada badan Bus.

ImageOctopus Card ini, minimum pembelian 150 HKD. Nominal yang bisa kita pakai yaitu 100 HKD, dan 50 HKD nya adalah deposit yang bisa di refund pada saat kita sudah mau pulang dari Hongkong.

Pukul 11.00 kita sampai di apartment dan kita check-in, ternyata apartment di Hongkong itu kecil banget kaka. Jauh banget sama apartment di indonesia, sama kamar kost-an aku juga lebih besaran kamar kost-an aku. Mungkin emang di hongkong kamarnya kecil-kecil kali ya. Sampai langsung mandi, bersih-bersih dan ganti baju.

Pukul 13.00 kita berangkat menuju tempat wisata hari Pertama. Tapi kita mampir ke Langham Place  untuk mencari makan siang, karena kita dikejar waktu jadi kita pilih makanan express. Pilihan jatuh pada McDonald, disini McDonald nya ada burger warna putih dan warna hitam, kalau harga makanan junk food macam gini rata-rata harganya antara 30 – 45 HKD.

Pukul 14.00 kita langsung ke stasiun MTR Mongkok dan menuju MTR Sha Tin untuk melihat Snoopy World yang terletak di New Town Plaza lantai 3.  Disini kita narsis-narsisan tapi panasnya merajalela banget loh.

CIMG4474 CIMG4473

Selesai dari Snoopy World, kita lanjutkan perjalanan menuju Avenue of Star di daerah Tsim Sha Shui. Disini Avenue of Star kita bisa melihat Cap tangan dari artes artes dan ada monument Bruce Lee yang terkenal itu.

CIMG4478 CIMG4480Lalu kita berjalan menuju Clock Tower yang ada di depan museum Art dan Tsim Sha Shui Promenade. Foto-foto sebentar lanjut lagi naik kapal Ferry menuju terminal Peak Tram. Naik Tram menuju Victoria Peak dan Madame Tussauds. Harga untuk Tram + Victoria Peak + Madame Tussauds = 250 HKD jika membeli secara online. Jika on the spot harganya 270 HKD dan antrinya panjang.

DSC_0184

Tram ini berbentuk kereta dengan rel yang menanjak sekali hampir 45 derajat, tapi dengan view yang cantik dibawahnya.

DSC_0235

CIMG4498

Selesai keliling foto-foto dengan patung lilin di madame tussauds, kita naik ke lantai paling atas yang disebut The Peak. View di malam hari luar biasa bagusnya. Kita bisa lihat Symphoni of Light dari atas sini.

Selesai puas liat view dari the peak, kita lanjut makan malem di restoran chinies food, tapi lupa namanya. Letaknya persis di depan antrian kalau mau naik tram. Makanannya enak-enak, rame banget juga, jadi harus sabar nunggu makanan dateng. Harga ya standard resto di hongkong, satu menu makanan antara 60 – 150 HKD dan minuman antara 20 – 50 HKD. Kalau mau hemat tidak bayar minum, pesen saja air putih, gratis. Jangan pesen minuman yang recommended chef, belum tentu sesuai lidah kita. Saya dan satu teman saya korbannya, ga enak rasanya di lidah kita. Fiuh

Selesai makan, kita langsung pulang naik tram lagi turun ke bawah. Dan antrinya luar biasaaaa, banyak-banyak sabar aj ya.: D

Tips ke Victoria Peak:
– Daripada naik MTR jalannya jauh, mending naik bus yang berhenti didepan Victoria Peak.
– Beli tiket online dahulu, nanti tinggal tukar denfan tiket aslinya di counter yang ada. Daripada baru beli harus antri panjang di loket tiket.
– Datanglah sore menjelang malam, sekitar pukul 3 sore. Agar dapat view the peak di malam hari.
– Kalau mau ambil foto dengan posisi yang bagus, datanglah ke lantai paling atas pukul 5 sore sudah standby. Kalau tidak, sudah tidak kebagian tempat.
– Octopus card bisa digunakan untuk naik Bus, Tram, Ferry, MTR, 7eleven, MTR yang ke shenzhen, dll.

4 thoughts on “Hong Kong Trip 29 – 4 Juni 2013 (hari ke – 1)

  1. Winnie says:

    Hi Putri,

    Seru banget baca blog nya. Jadi pengen cepet2 liburan ke HK juga nih ^^. Sharing dong, cuacanya disana gmn ya pas lagi berlibur ? Panas atau musim hujan ya?

    Thanks,

    Winnie

  2. putriyobymici says:

    Hi Winnie,

    wah mau k HK ya? Kapan rencananya mau kesana?
    Aku kebetulan waktu tuh akhir mei dan awal juni, jadi pas lagi summer.
    Bulan Mei – September lagi panas-panasnya banget, siapkan baju tipis dan siap bawa minum kemanapun, payung dan kacamata itu wajib banget.
    Jangan lupa bawa tissue basah yang banyak, karena aku ga terbiasa toilet kering ga ada shower apapun.
    Happy holiday.

    Putri

  3. frchan says:

    hello mau nanya donk,sistem naik bus di HK bayar nya uang pas ? atau ada kembalian? and klo pas naik itu kita musti bilang tujuan kita ke supir bus?soalnya pengalaman naik bus di penang kita musti bilang tujuan kita …

    • putriyobymici says:

      Hi Frchan,

      Naik bus di HK kita bayar dengan menggunakan octopus card, octopus card ini mirip seperti tourism card nya singapore, bisa digunakan untuk Bus, MRT, Ferry, dll. Pada saat naik bus, silahkan tap octopus card di mesinnya.

      Kita bisa peroleh octopus card di counternya di bandara atau bisa dibeli di 7-eleven. Cara top up hampir mirip, saya biasa top up di 7-eleven sekalian jajan.
      info mengenai octopus card bisa diperoleh disini http://www.octopus.com.hk.

      Kita tidak perlu menyebutkan tujuan kita kemana, karena ada layar di atas supir yang akan menunjukkan halte berikutnya apa, dan nanti kita pijit bel.

      Tapi kalau takut salah, bisa bilang ke supirnya, namun supir rata-rata tidak bisa bahasa inggris. Jadi sebaiknya kalau mau bilang supir, tunjukkan alamat yang dituju menggunakan tulisan mandarin.

      Silahkan untuk perhatikan no bus dan tujuannya, sistemnya mirip seperti di Penang, Singapore, tidak semua halte yang dilewati akan berhenti.

      Semoga infonya bermanfaat dan tidak telat membalas.
      Happy Holiday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s